Kamis, 19 Februari 2015

SISTEM KOORDINAT





SISTEM KOORDINAT
Makalah  ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah “Matematika 3



Oleh    :

Yuhana Nur Aini                                    (210613118)

Dosen Pengampu :
Kurnia Hidayati, M.Pd
Kelas PG.D


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAIN) PONOROGO
2015




 


KATA PENGANTAR
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “ SISTEM KOORDINAT”.
Sholawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, para sahabat, serta orang-orang yang berada dijalan-Nya.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Teknologi Pendidikan dengan Dosen Pengampu Kurnia Hidayati, M.Pd.  .
Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan oleh penulis, karena menyadari dalam penulisan ini masih banyak kekurangan. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini mendapat Ridho-Nya sehingga dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca umumnya, amiin.
Ponorogo, 23 Pebruari 2015
Penyusun        

YUHANA NUR AINI







 
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………..       i
KATA PENGANTAR………………………………………………………………….      ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………..       iii
BAB I : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang………………………………………………………………      4
B.     Rumusan Masalah…………………………………………………………...      4
BAB II            : PEMBAHASAN
A.    Menggambar Bangun Datar pada Bidang Koordinat  …………..…………       5
B.     Penerapan Sistem Koordinat dalam Kehidupan Sehari-hari……………….        6
BAB III: PENUTUP
A.    Simpulan ………………………………………………………………..            8
B.     penutup ……………………………………………………………………….   8.
DAFTAR PUSTAKA
                 








BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai gambar peta. Peta sangat memudahkan kita dalam mencari suatu tempat atau wilayah. Di peta juga terdapat garis lintang dan garis bujur. Dalam ilmu matematika dinamakan Sistem Koordinat. Pada makalah ini saya akan membahas lebih dalam tentang sistem koordinat mengenai cara menggambar bangun datar pada bidang koordinat dan penerapan sistem koordinat dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Rumusan Masalah
a.       Bagaimana menggambar bangun datar pada bidang koordinat?
b.      Bagaimana penerapan sistem koordinat dalam kehidupan sehari-hari?

















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Menggambar Bangun Datar pada Bidang Koordinat
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat tidak jauh berbeda dengan menentukan letak titik pada bidang koordinat. Cara menggambar bangun datar pada bidang koordinat yaitu dengan :
1.      Tentukan letak titik pada bidang koordinat.
2.      Kemudian hubungkan titik tersebut dengan titik lainnya menggunakan garis sehingga membentuk bidang datar yang dikehendaki.[1]
Contoh:
Tentukan letak titik-titik A(6, 1 ), B(6, 5), dan C(1, 5) pada bidang koordinat. Hubungkan titik itu. Bangun apakah yang terbentuk, berapa luasnya?
Langkah-langkahnya sebagai berikut:


          1.  Letakkan titk A, B, dan C pada bidang koordinat
          2.  Kemudian hubungkan titik A ke B, titik B ke C dan titik C ke A 



Bangun yang terbentik dari titik tersebut adalah bangun segitiga siku-siku
                  L=  ½ alas x tinggi
                    =  ½ 4  x 4
                    =  8

A.    Penerapan Sistem Koordinat dalam Kehidupan Sehari-hari
Dalam kehidupan sehari- hari sistem koordinat sanggatlah bermanfaat. Dengan adanya sistem koordinat dapat dengan mudah mambaca denah/peta dan dapat dengan mudah menggambar denah /peta. Misalnya pada pesawat terbang yang dilengkapi dengan alat yang canggih agar dapat menerbangkan pesawat agar tidak bertabrakan satu sama lain serta dapat mengetahui kalau sudah sampai tujuan. Alat tersebut seperti:  radar sebagai alat pendeteksi, kompas sebagai alat petunjuk arah dan radio sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu, harus memahami cara membaca dan menentukan letak suatu tempat pada bidang koordinat. Gambar di bawah ini merupakan gambar radar. Radar merupakan salah satu alat yang cara membacanya menggunakan koordinat kartesius.[1]

Radar
Pada pelajaran ilmu-ilmu sosial, sering menjumpai suatu peta provinsi atau bahkan peta Negara. Letak suatu kota, gunung, danau, lapangan terbang dapat dianggap sebagai kedudukan. Untuk memudahkan pembacaan peta, sering peta dilengkapi dengan garis bantu yang mendatar dan tegak atau garis lintang dan garis bujur. Dasar pembuatan garis tersebut merupakan asar dari bidang koordinat. Gambar di bawah  ini  menunjukkan peta Negara Indonesia dengan garis mendatar dan tegak.[2]

Peta Negara Indonesia









BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
1.      Menggambar bangun datar pada bidang koordinat dengan cara menentukan letak titik pada bidang koordinat, kemudian menghubungkan titik tersebut dengan titik lainnya menggunakan garis sehingga membentuk bidang datar yang dikehendaki.
2.      Peneapan sistem koordinat dalam kehidupan sehari-hari dapat dengan mudah mambaca denah/peta dan dapat dengan mudah menggambar denah /peta. Misalnya radar dalam pesawat terbang dan peta Negara Indonesia yang dilengkapi garis mendatar dan tegak.

B.     Penutup
Alhamdulillah, berkat rahmat dan hidayah Allah SWT, akhirnya penulis dapat menyelsaikan penyusunan makalah yang berjudul “SISTEM KOORDINAT”.
Penulis menyadari bahwa di dalam makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan yang perlu diperbaiki, karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis selalu mengharap kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah ini.
Harapan penulis, semoga makalah ini bermanfaat bagi penuliskhususnya dan bagi pembaca umumnya. 







DAFTAR PUSTAKA

Setyawati, Maunah, dkk. 2009. Matematika 3 (LAPIS PGMI). Surabaya: Aprinta.



[1] Ibid, hal: 7.15
[2] Ibid, hal: 7.16

[1] Setyawati, Maunah, dkk. Matematika 3 (LAPIS PGMI). 2009. Surabaya: Aprinta. Hal: 7.13

1 komentar: